Welcome to My Blog!

Make yourself at home
Follow Me

10 Alasan Minum Kopi Setiap Hari



By  mickey     Jumat, Desember 05, 2014     

Sejatinya, ada dua jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi oleh setiap orang diseluruh dunia, yaitu, kopi dan teh.

Kedua minuman ini, masing-masing dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Meski demikian, belum pernah ada kata sepakat untuk memutuskan minuman mana yang lebih baik.
Sebuah penelitian selama 13 tahun pada 402.260 orang yang dilakukan oleh National Cancer Institute menunjukkan bahwa para peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah hingga 16%. Meski terlalu banyak minum kopi bisa meningkatkan hormon stres, namun kopi memiliki manfaat yang banyak. Berikut ini adalah 10 manfaat kopi untuk kesehatan, seperti dilansir oleh Live Strong.

1. Mencegah batu ginjal
Peneliti di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi empat cangkir kopi sehari memiliki risiko batu ginjal 25% lebih rendah. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya juga menunjukkan hasil yang sama.
2. Mencegah depresi
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 15% lebih rendah untuk terkena depresi. Sementara wanita yang minum empat gelas kopi setiap hari memiliki risiko depresi 20% lebih rendah.
3. Mempertajam ingatan
Kopi bisa membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dan pendek. Dalam sebuah penelitian tahun 2005 yang dilakukan oleh Radiological Society of North America, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi dua kopi berkafein bisa meningkatkan ingatan dan kecepatan reaksi seseorang.
Uniknya, penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa wanita yang berusia 65 tahun ke atas dan meminum sekitar tiga cangkir kopi sehari memiliki ingatan yang lebih baik dan tidak menunjukkan penurunan ingatan dibandingkan wanita yang hanya minum satu cangkir kopi setiap hari. Sayangnya hal ini tak berlaku bagi pria.
4. Menurunkan risiko diabetes
Penelitian menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko rendah terkena diabetes tipe 2. Orang yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko diabetes tipe 2, 50%lebih rendah. Hal ini diketahui melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang diterbitkan pada awal Januari 2012.
5. Menurunkan risiko kanker
Konsumsi kopi diketahui berkaitan dengan penurunan risiko kanker lever, payudara, prostat, dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas, estrogen, dan insulin. Sebuah penelitian tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum dua atau tiga cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko atau mencegah kanker payudara.
6. Meningkatkan metabolisme
Kopi berkemungkinan membantu Anda menjaga atau bahkan menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kopi bisa meningkatkan metabolisme, terutama pada wanita. Kopi biji hijau juga diketahui bermanfaat untuk menurunkan berat badan.
7. Menurunkan risiko penyakit Parkinson
Journal of the American Medical Association di tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dalam kopi bisa menurunkan risiko terkena Parkinson. Penelitian pada tahun 2010 juga menunjukkan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko kena Parkinson hingga 25%.
8. Memiliki zat antioksidan
Edward Giovannucci, salah satu peneliti Harvard menunjukkan bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan kebanyakan sayur dan buah. Faktanya, kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu untuk diet ala Amerika.
9. Meningkatkan kinerja
Kopi dan kafein yang terkandung di dalamnya diketahui bisa meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat bekerja. Sebuah penelitian tahun 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein sebelum olahraga bisa meningkatkan aktivitas dan lama waktu olahraga.
10. Mencegah gout
Penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa pria yang berusia di atas 40 tahun terhindar dari gout dengan seringnya mengonsumsi kopi. Gout bisa terjadi ketika ada peradangan akibat tingginya tingkat asam urat yang mengkristal pada sendi atau jari-jari. Orang yang rajin meminum enam gelas kopi sehari memiliki risiko encok 60% lebih rendah.

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari kopi. Jangan ragu lagi untuk meminum kopi, namun juga jangan meminum terlalu banyak.

About mickey

Hey, aku Meike, Trimakasih udah mampir.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar